Militer Indonesia Salah Satu Yang Terbesar + Ditakuti

Posted: July 4, 2010 in Sejarah
Tags: , , ,

Abiz buka ds cari hiburan gara2 stress ama rancangan OOP, eh dapet info menarik buat dipostin di malemminggu. ” Indonesia adalah salah satu negara dengan militer terbesar dan terkuat di dunia. “Jika SBY yang berstatement begitu, itu bisa dipastikan HOAX.  upssss… Tapi kalo Sukarno yang ngeluarin statement tersebut itu adalah kenyataan.. Dulu Indonesia adalah negara yang disegani dan ditakuti oleh negara-negara lain termasuk negara sekelas Amerika Serikat. Nda percaya sogh dibaca artikel dibawah..

Pada tahun 1960, saat era presiden Sukarno, kekuatan militer Indonesia adalah salah satu yang terbesar dan terkuat di dunia. Saat itu, bahkan kekuatan Belanda sudah tidak sebanding dengan Indonesia, dan Amerika sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer kita yang didukung besar-besaran oleh teknologi terbaru Uni Sovyet.

1960, Belanda masih bercokol di Papua. Melihat kekuatan Republik Indonesia yang makin hebat, Belanda yang didukung Barat merancang muslihat untuk membentuk negara boneka yang seakan-akan merdeka, tapi masih dibawah kendali Belanda.

Presiden Sukarno segera mengambil tindakan ekstrim, tujuannya, merebut kembali Papua. Sukarno segera mengeluarkan maklumat “Trikora” di Yogyakarta, dan isinya adalah:
1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan kolonial Belanda.
2. Kibarkan Sang Saka Merah Putih di seluruh Irian Barat
3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum, mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air bangsa.

Berkat kedekatan Indonesia dengan Sovyet, maka Indonesia mendapatkan bantuan besar-besaran kekuatan armada laut dan udara militer termaju di dunia dengan nilai raksasa, US$ 2.5 milyar. Saat itu, kekuatan militer Indonesia menjadi yang terkuat di seluruh belahan bumi selatan.

Kekuatan utama Indonesia di saat Trikora itu adalah salah satu kapal perang terbesar dan tercepat di dunia buatan Sovyet dari kelas Sverdlov, dengan 12 meriam raksasa kaliber 6 inchi.

Ini adalah KRI Irian, dengan bobot raksasa 16.640 ton dengan awak sebesar 1270 orang termasuk 60 perwira. Sovyet, tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat ini pada bangsa lain manapun, kecuali Indonesia. (kapal-kapal terbaru Indonesia sekarang dari kelas Sigma hanya berbobot 1600 ton).

Angkatan udara Indonesia juga menjadi salahsatu armada udara paling mematikan di dunia, yang terdiri dari lebih dari 100 pesawat tercanggih saat itu. Armada ini terdiri dari :
1. 20 pesawat pemburu supersonic MiG-21 Fishbed.
2. 30 pesawat MiG-15.
3. 49 pesawat tempur high-subsonic MiG-17.
4. 10 pesawat supersonic MiG-19.

Pesawat MiG-21 Fishbed adalah salah satu pesawat supersonic tercanggih di dunia, yang telah mampu terbang dengan kecepatan mencapai Mach 2.

Pesawat ini bahkan lebih hebat dari pesawat tercanggih Amerika saat itu, pesawat supersonic F-104 Starfighter dan F-5 Tiger. Sementara Belanda masih mengandalkan pesawat-pesawat peninggalan Perang Dunia II seperti P-51 Mustang.

Sebagai catatan, kedahsyatan pesawat-pesawat MiG-21 dan MiG-17 di Perang Vietnam sampai mendorong Amerika mendirikan United States Navy Strike Fighter Tactics Instructor, pusat latihan pilot-pilot terbaik yang dikenal dengan nama TOP GUN.

Indonesia juga memiliki armada 26 pembom jarak jauh strategis Tu-16 Tupolev (Badger A dan B). Ini membuat Indonesia menjadi salah satu dari hanya 4 bangsa di dunia yang mempunyai pembom strategis, yaitu Amerika, Rusia, dan Inggris. Pangkalannya terletak di Lapangan Udara Iswahyudi, Surabaya.

Bahkan China dan Australia pun belum memiliki pesawat pembom strategis seperti ini. Pembom ini juga dilengkapi berbagai peralatan elektronik canggih dan rudal khusus anti kapal perang AS-1 Kennel, yang daya ledaknya bisa dengan mudah menenggelamkan kapal-kapal tempur Barat.

Indonesia juga memiliki 12 kapal selam kelas Whiskey (salah satunya dinamai KS.Pasopati, yang sekarang menjadi monumen kapal selam satu2 nya di Indonesia, tepatnya di Surabaya),

puluhan kapal tempur kelas Corvette, 9 helikopter terbesar di dunia MI-6, 41 helikopter MI-4, berbagai pesawat pengangkut termasuk pesawat pengangkut berat Antonov An-12B. Total, Indonesia mempunyai 104 unit kapal tempur. Belum lagi ribuan senapan serbu terbaik saat itu dan masih menjadi legendaris sampai saat ini, AK-47.

Ini semua membuat Indonesia menjadi salasahtu kekuatan militer laut dan udara terkuat di dunia. Begitu hebat efeknya, sehingga Amerika di bawah pimpinan John F. Kennedy memaksa Belanda untuk segera keluar dari Papua, dan menyatakan dalam forum PBB bahwa peralihan kekuasaan di Papua, dari Belanda ke Indonesia adalah sesuatu yang bisa diterima.

Itu adalah cuplikan fakta sejarah keemasan militer Indonesia. Jika dibandingkan dengan sekarang, kemampuan Alutsita Indonesia sangat jauh dibandingkan teknologi yang dipakai Sukarno, yang merupakan teknologi terbaik di zamannya. Nanti abang bakal me-resume kemampuan militer Indonesia di masa sekarang. Ngumpulin bahan dulu.. :-D

Sekarang abang balik ke skripsi dulu. TA i’m coming…

sumber :ds

* tidak semua situs bokep berisikan burung di sarang

About these ads
Comments
  1. soekarnoismLEFT says:

    dolo jaman BK indo beli alutsistanya GROSIRAN gan :D kagak kek skarang KETENGAN molo udah gitu senjatanya menyusul kemudian :( diplomasi dan lobi2x tingkat tinggi jaman BK emang top, nasution banting stir ke blok timur untuk pembelian alutsista karena amerika ogah2x an ngejual senjatanya ke indo dan CIA ketahuan ngebantu pemberontakan “setengah hati” PRRI/PERMESTA saking banyak senjata ketimbang operatornya ampe bingung lol :-P

  2. ghoni says:

    Sangat bangga dengan indonesia dulu dr pada sekarg yang amburadul dalam menjalankan pemerintahan… pemerintah takut dengan AS,Inggris,Jepang bahkan sekarag jd macan kerdil (kucing) yang gak berani apa2 melainkan suka makan ikan asing yakni suka mencari hal-hal yang kotor sembunyi2 untuk Korupsi Ber Jama’ah…..

  3. andri says:

    memang kedasyatan bung Karno dalam mengambil keputusan saat itu luar biasa, pidato terbaik, anak bangsa yang berani, bahkan berani mengucapkan keluar dari PBB, sampai sekarang indonesia lah yang berani terang2an keluar dr PBB. salut buat bung Karno……… sayang dibalik itu semua politik berkuasa… namun bila doloe kita mampu kenapa sekarang tidak??? good posting… sukses selalu

  4. Ifan says:

    Jangan terbuai masa lalu,.. Ayo bangun dan tatap masa depan,…

  5. erick says:

    masa lalu adalah guru …
    masa depan adalah sebuah harapan…
    tetap semangat …Indonesia ku,,,

  6. nn says:

    apa gunanya dulu terkenal canggih tapi hasilnya ninggalin utang ujung2nye sekarang hidup segan mati tak mau.

  7. wandy says:

    sob , kalo udah me_resume kemampuan militer Indonesia di masa sekarang , tolong beritahu alamat website nya ya… :)

    thank’z

  8. Mr.Nunusaku says:

    Cerita dongeng abu nawas tentang tentara Inddonesia terkuat didunia, tetapi kenyataannya,,,,seperti TONG KOSONG BUNYINYA NYARINF, PROPAGANDA MURAHAN UNTUK NAMA iNDONESIKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s