Cara Membuat AC Sendiri Di RUmah

Posted: July 29, 2010 in tips & trick
Tags: ,

Hawa panas menyengat akhir-akhir ini. Cari-cari solusi untuk dapetin suasana dingin. Tapi apa daya nggak kuat beli AC atau daya Listrik kurang buat pasang AC. Abang kasih solusi cerdas, gokil nan kreatif namun tetap aplikatif :-D

Setelah browsing sana-sini akhirnya nemu tutorial bikin AC sederhana. Murah meriah, cuma perlu kreatifitas aja kok !

Ok Let’s try..

BAHAN-BAHAN :

  1. Kipas angin rumah (Stand/Duduk) ukuran agak besar/seadanya.
  2. Cooper Tubing/Pipa Tembaga ukuran 3/16″ panjang terserah. (Beli di toko AC/Perlengkapan AC, Tukang Service AC) Rp. 8.000 – Rp. 13.000/Meter
  3. Cable Ties secukupnya
  4. Pompa akuarium kecil (Beli di toko akuarium) Rp. 45.000-Rp. 65.000/pcs
  5. Pipa plastik 3/16″ Beli di toko bangunan.
  6. Tandon air (Termos Es) Bisa pake stereofoam bekas tempat ikan.

ESTIMASI PENGELUARAN
Rp. 100.000,-

Harga nggak termasuk Kipas Angin, peralatan tambahan, dan lain sebagainya…

LANGKAH -LANGKAH !

1. Siapkan Kipas Angin dan Copper Tubing
2. Lilitkan Copper tubing di depan kipas angin. Usahakan jangan sampai pipa tertekuk / patah.

Kencangkan dengan menggunakan Kabel Ties !

3. Sambungkan Pipa tembaga dengan pipa plastik

Kalau kebetulan dapet pipa yang ukurannya beda, bisa dikencengin pake klem / klep. Biar ndak bocor.

4. Siapin pompa akuarium. Cek mana inlet mana outlet. Terserah mau pake yg sebelah mana.

Biarkan ujung yang lain bebasĀ  untuk masuk/keluarnya air.

Saatnya buat uji coba hasil karya kamu….

Isikan air dingin di Tandon air/Termos Es. Kalo perlu tambahkan Es balok biar dingin !

AC sederhana kamu siap digunakan ! Selamat mencoba… :-D

* Prinsip kerjanya cukup sederhana. Air dingin yang dipompakan ke pipa tembaga menyebabkan pipa tersebut menurun suhunya. Sesuai prisip kondensasi. Suhu dingin di sekitar pipa dihembuskan oleh angin dari kipas. Secara teknis suhu angin keluar dari kipas lebih dingin dari pada suhu ruang. Maka, dingin deh ruangannya… Its simple ! Cocok buat kamar yang tertutup (seperti AC sehingga dingin ruangan tetap terjaga dan optimal).

Selamat mencoba gan… :)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s