Fakta Menarik + Desain Arsitektur Gedung Baru Para Anggota Yang ‘Terhormat’

Posted: August 31, 2010 in Berita, Fakta Menarik, Gambar
Tags: , , , ,

Wah.. wah.. para anggota dewan yang katanya ‘terhormat’, bapak ibu yang katanya ‘wakil rakyat’, bakal punya gedung baru nih. Abang jadi pengen berbagi dengan agan2 sekalian tentang beberapa fakta menarik serta gambaran desain gedung baru para anggota DPR yang terhormat, wakil rakyat yang selalu menjunjung tinggi kepentingan rakyat (ngarep).

Ini  beberapa fakta menarik mengenai rencana pembangunan gedung baru DPR :

  1. Pembangunan gedung ini merupakan program kerja DPR 2004-2009 dan dilanjutkan oleh anggota DPR periode 2009-2014.
  2. Biaya yang dianggarkan untuk pembangunan fisik gedung ini adalah sebesar 1,165 Triliyun.
  3. Jika dihitung dengan fasilitas dan isi gedung, termasuk pengimplementasian teknologi informasi maka biaya yang akan dihabiskan adalah sebesar 1,8 Triliyun.
  4. Biaya tersebut akan diperoleh secara bertahap dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2010 sebesar Rp 50 miliar. Selanjutnya, APBN 2011 sebesar Rp 800 miliar. Sisanya akan disediakan oleh APBN 2012.
  5. Lokasinya terletak di sebelah selatan Gedung Nusantara I DPR sesuai block plan kawasan kompleks parlemen Indonesia yang telah disetujui.
  6. Luas total bangunan menjadi 157.000 meter persegi,  terdiri dari 36 lantai dan 3 lantai bawah tanah (basement) serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk untuk keperluan internasional.
  7. Gedung ini memiliki satu lantai yang berfungsi sebagai ruang rekreasi bagi para anggota dewan yang ‘terhormat’.
  8. Setiap seorang ‘wakil rakyat’ nantinya akan menempati ruangan sesuai dengan standar ruang kerja anggota dewan yang terdiri dari ruang kerja, anggota, ruang staf ahli dan asisten pribadi, ruang rapat kecil, kamar istirahat, KM/WC dan ruang tamu. Untuk satu anggota DPR dengan 5 staf ahli dan 1 asisten membutuhkan ruangan seluas 120 meter persegi.
  9. Konsep awal perencanaan arsitektur gedung baru ini merupakan buah karya arsitek Soejoedi yang merupakan salah satu maestro arsitek Indonesia.

Ini yang menjadi gambaran filosofis dari bentung arsitektur gedung baru DPR.

” Desain gedung baru berbentuk gerbang yang mencerminkan filosopi anggota DPR yang berlatar bekalang beragam daerah dan budaya. Gerbang sebagai metafora dari harapan bagi kemakmuran bangsa Indonesia dengan dua pilar kokoh di atasnya serta dibuat berdasarkan kebutuhan ruang dan penataan ulang kawasan kompleks MPR/DPR/DPD.

Selain itu, gedung baru ini ditujukan untuk memfasilitasi kegiatan dalam kompleks DPR yang perlu diwadahi secara baik sehingga dapat menunjang kinerja Dewan.

Sedangkan lanskap kompleks DPR selalu menyertakan unsur air sebagai salah satu elemen pembentukannya. Selain sebagai elemen estetis, juga dipergunakan sebagai penghubung antara bangunan yang sudah ada dengan gedung baru dan cadangan air untuk keperluan darurat. Analoginya bahwa apa pun yang dilakukan DPR selalu mengalir, bermanfaat untuk rakyat Indonesia. ”

Ini gambaran desain gedungnya gan !

Gambar ini yang menggelitik abang, keliatan ada satu ruangan yang di terkesan ditutupi. Klo berdasarkan analisa abang (gaya modeOn) itu kamar tidur soalna ntu gambar kyk gambar kasur wkwkwkwkwk.

Sumber :

Inilah Konsep Gedung Baru DPR
Wow, Ada Ruang Rekreasi Di Gedung Baru DPR
dan berbagai sumber dengan bantuan mbah google

  1. Gedung ini memiliki satu lantai yang berfungsi sebagai ruang rekreasi bagi para anggota dewan yang ‘terhormat’.
Comments
  1. rift says:

    selamat mnikmati y bozzz

  2. dpr says:

    iyah…soale selama ini ruang kerja dpr ga da kamar tidurnya, jadi banyak yang ketiduran di ruang sidang…sekarang mereka bisa bobok siang di kantor…jadi pas sidang dah ga ngantuk…, btw, kalo buat anggota dpr kayak al amin, max moein dkk yang sejenis, apa gak malah disalah gunakan tu kamarnya ya..??hehehe

  3. […] The busiest day of the year was September 1st with 1,322 views. The most popular post that day was Fakta Menarik + Desain Arsitektur Gedung Baru Para Anggota Yang ‘Terhormat’. […]

  4. terhormat atau yang selalu tersangkut kasus korupsi ???

  5. ferdi says:

    Jika anda butuh Arsitek untuk mendesain Gedung, Rumah, Perumahan, Rumah, dan bangunan, hubungi saya Ferdi di 085649842128, lebih terjangkau dan lebih berkualitas didukung penuh team handal

  6. demas says:

    Menurut saya, pembangunan gedung dpr ini hanya buang duit belaka. Mendingan ga usah deh.

    HIDUP INDONESIA!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    JAYALAH INDONESIAKU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. numpang share yah gan,,,,,,

    klik http://www.atapgalvalume.com jika anda menginginkan atap minimalis dan modern dengan bahan yang sangat bermutu tinggi. Untuk setiap pembelian dengan total panjang di atas 2000 meter, silakan menghubungi kami untuk mendapatkan harga spesial. Dijamin anda tidak akan kecewa.

    thanks,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s