A-Z Tentang Mencari & Melamar Pekerjaan

Posted: March 27, 2011 in Bagi Link, Informasi, kerja, tips & trick
Tags: , ,

Beberapa kali abang ditanyain ama junior2, temen2 abang yang baru lulus tentang tips dan trick nyari kerja. Padahal abang sendiri sampe sekarang masih belum dapet kerja. hiksss… Tapi nda pa2 deh abang coba untuk bantu bagi pengalaman. Kali ini bang ger2 bakal share segala A-Z seluk beluk dan tips mencari info pekerjaan dan melamar pekerjaan bagi para rekan2. Sejujurnya yang abang share ini merupakan pengalaman abang selama 5 bulan pontang panting mencari penghidupan.😀

PERSIAPAN TEMPUR:

Sebelum terjun ke kawah candradimuka, jangan lupa mempersiapkan perbekalan dan amunisi. Ada beberapa amunisi dokumen yang perlu disiapkan untuk memenangi pertempuran. Untuk lebih jelasnya abang bakal jelasin satu persatu.

1. Curriculum Vitae (CV)

CV adalah lembaran berisi riwayat pendidikan dan pekerjaan serta catatan prestasi (menurut wikipedia). Tentunya ini udah tidak asing buat rekan2 sekalian, di luar sana ada banyak sekali bentuk CV, template, contoh CV yang bisa dijadikan sampel. Isikan data-data CV secara benar dan jujur. Yang harus diingat CV merupakan media yang akan memperkenalkan rekan2 sekalian kepada perusahaan yang dilamar. Buatlah CV semenarik namun tidak membuat bingung yang membacanya.

2. Surat Lamaran kerja / Application Letter

Saran abang untuk surat lamaran kerja, buatlah sesederhana dan langsung kepada pokok permasalahan (maksud dari surat lamaran), rekan2 sekalian dapat memperkenalkan & mempromosikan diri secara singkat. Jelaskan value diri dan kompetensi diri secara singkat jelas dan padat. Usahakan surat lamaran tidak lebih dari 1 lembar. Sampel dan template surat lamaran bisa banyak ditemukan di internet so jangan kuatir….

3. Fotocopy dokumen pendukung

Ada banyak dokumen pendukung yang biasanya diminta oleh perusahaan pencari tenaga kerja. Abang bakal list satu persatu :

  • Ijazah (persiapkan juga copy yang udah dilegalisir)
  • Transkrip kuliah (persiapkan juga copy yang udah dilegalisir)
  • KTP
  • Piagam
  • SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian )
  • Kartu Pencari Kerja / Kartu kuning * tidak semua perusahaan meminta, namun bisa disiapkan untuk jaga2. Biasanya ini untuk persyaratan administrasi CPNS.

4. Pas foto berwarna berbagai ukuran, biasanya yang diminta oleh perusahaan adalah yang ukurannya 2×3 , 3×4 atau 4×6, namun tidak ada salahnya mempersiapkan semuanya jaga2 jika diminta. Pas foto hendaknya diambil dengan pakaian formal (minimal kemeja dan dasi) dan rapi. Pas foto juga merupakan media yang dapat membuat perusahaan mengenal kita, jadi abang saranin gunakanlah pas foto yang terbaik yang rekan2 punya.

Abang saranin semua dokumen yang abang sebutin diatas bisa rekan2 siapkan lebih dari 3. Abang sendiri sampe sekarang nyimpen 10 rangkap. Jaga2 jika diperlukan mendadak abang masih punya cadangan.

Ok. Amunisi udah disiapkan sekarang saat nya mempersiapkan baju tempur. Siapkan kemeja lengan panjang formal, celana kain (bahan), sepatu hitam formal (jangan sepatu sekolah ya bro) beserta kaos kakinya (klo bisa warna gelap), ikat pinggang formal (kulit imitasi banyak dipasar). Abang rasa cukup, sisanya (dasi dll) itu optional. Inget bro.. itu dresscode standart buat ngelamar kerja, tes kerja, interview dan lain sebagainya.

Abang rasa untuk persiapan cukup dah..

TENTUKAN TARGET OPERASI :

Ada banyak lahan yang bisa di observasi untuk mencari lowongan kerja. Paling banyak menurut abang tentunya di media web internet. Disini abang bakal share beberapa link web yang menyediakan informasi lowongan. Silahkan rekan2 observ sendiri, cari2 mana yang kiranya cocok dengan minat dan sesuai dengan kualifikasi rekan2 sekalian.

Ket: ** rekan2 bisa isi form online dan melamar secara online

Masih banyak link yang lain nya, temen2 bisa ngesearch sendiri di google. Selain di web beberapa lowongan juga di publish dikoran. Abang saranin rekan2 sekalian baca tuh koran Kompas sabtu & minggu,

khusus yang Sabtu biasanya ada page khusus lowongan kerja. Tanya2 ama temen2 tentang lowongan kerja, beberapa lowongan kerja biasanya diinformasikan secara tertutup (pengalaman pas apply McDermott).

Job fair / bursa kerja juga merupakan pasarnya lowongan. Berdasarkan pengalaman abang selama beberapa bulan ini, jobfair ITB ama UGM yg paling manteph dan bagus. Abang saranin jangan lewati bursa di kedua universitas ini.

Banyak juga lowongan kerja yang diiklankan di media surat kabar. Coba agan2 & rekan2 jabanin itu Kompas & Jawa Pos hari sabtu. Disana biasanya ada beberapa lembar halaman yang di khususkan untuk lowongan kerja.

*** untuk sementara ini dulu yang abang share. kelanjutan nya menyusul..😀

Baca juga :

8 Pertanyaan Jebakan Saat Wawancara
9 Bentuk Tes Psikologi Beserta Tips Menyelesaikannya
35 Pertanyaan Wawancara Kerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s